Memahami Jenis-jenis Bundling

Bundling merupakan seni manajemen pemasaran dimana terdapat beberapa produk yang digabungkan dan dijual menjadi satu unit pada satu harga. Umumnya produk-produk ini akan dikemas lebih menarik menggunakan pembungkus khusus atau direkatkan menggunakan lakban bening. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian bundling, dan memahami jenis-jenis bundling.

Jenis promosi ini biasa disebut package deals atau paket hemat. Dengan seni manajemen ini diharapkan para konsumen mampu tergerak untuk membeli banyak produk dari brand yang sama.

Apa Itu Bundling?

Bundling memiliki arti menjadi suatu pengelompokan dari dua atau lebih produk yang ada, dimana para pembeli hanya harus membayar untuk 1 item saja. Produk umumnya akan dipaketkan atau dikemas menggunakan cara yang berbeda, baik dalam suatu pembungkus spesifik atau di dalam sebuah kotak seperti pemberian. Taktik ini sangat umum digunakan oleh para pelaku bisnis e-commerce untuk membentuk lebih banyak pendapatan dalam satu pesanan.

Ini merupakan taktik dari pemasaran serta penjualan yang sangat populer selama hari raya atau musum liburan pada jangka waktu promosi satu kali. Seni manajemen merupakan peluang yang bisa menaikkan nilai pesanan rata-rata.

Memahami Jenis-jenis Bundling

Awal Mula Bundling

Bundling pertama kali hadir ditengah masyarakat yang ketika itu dunia telekomunikasi  yang merilis ponsel CDMA di tahun 1995. Agar mampu menarik perhatian dari masyarakat untuk memakai pulsa yang memiliki jaringan baru CDMA maka para operator serta vendor melakukan seni manajemen paket bundling. Dampaknya penggunaan ponsel CDMA pada kalangan masyarakat jadi semakin banyak.

Memahami Jenis-jenis Bundling

ada beberapa jenis bundling yang paling awam dilakukan oleh para pelaku usaha, antara lain merupakan sebagai berikut:

  1. Mixed Bundling
    Bundling jenis ini adalah salah satu jenis bundling yang paling awam yang didasari pada produk yang sering dijual sesuai berasal data histori pesanan penjualan. Umumnya jenis ini menggabungkan suatu produk dengan beberapa produk yang biasa konsumen pakai secara bersamaan, yang sebenarnya produk tersebut bisa dibeli secara terpisah namun bisa mendapatkan bonus khusus apabila membelinya bersamaan.
  2. Pure Bundling
    Merupakan jenis bundling yang wajib dibeli secara bersamaan. Jadi tidak bisa membeli produk yang telah ditawarkan secara terpisah. Tetapi jenis ini membatasi pilihan dari para pembeli buat mendapatkan barang secara individual, yang kemungkinan terjadi seiring dengan berjalannya waktu mampu mengakibatkan penurunan pada penjualan.
  3. Same Produk Bundling
    Jenis bundling ini cara yang paling baik dalam memberikan harga diskon saat para pembeli memesan beberapa produk yang sama sekaligus. Ada banyak merk yang mempunyai label DTG atau direct to consumer yang menjual produk perawatan pribadi berhasil mengaplikasikan jenis bundling ini dengan baik. Pada dasarnya menggunakan metode berlangganan, dimana produk yang sama bisa memberikan insentif pada para pelanggan yang membeli barang dalam jumlah yang besar di termin awal daripada harus membayar untuk membeli lagi dilain waktu.
  4. Buy One Get One Bundling

    Jenis bundling ini acapkali digunakan oleh para e-commerce. Dengan diterapkan taktik bundling ini perusahaan bisa mendorong para konsumennya untuk membeli produk menggunakan harga yang penuh supaya bisa menerima produk lainnya sebagai hadiah atau hanya mendapatkan diskon yang besar .

  5. Cross Sell Bundling
    Merupakan salah satu taktik dalam pemasaran memberikan produk yang mampu melengkapi produk awalnya. Umumnya produk tambahannya tidak mampu dipergunakan secara terpisah.
  6. New Product Bundling
    Jenis bundling ini biasanya memperkenalkan suatu produk yang baru serta dikombinasikan satu paket dengan produk usang yang laris terjual.
  7. Gift Set Bundling
    Jenis bundling ini mengkombinasikan beberapa produk yang tidak sama untuk diberikan pada seseorang sebagai hadiah. Misalnya paket bunga yang digabungkan dengan gift card, cokelat, dan lain-lain.
  8. Occasional Bundling
    Jenis bundling ini umumnya memanfaatkan momen-momen tertentu yang sedang dirayakan oleh banyak orang. Contohnya ketika hari raya Idul Fitri, dimana akan terdapat paket hampers dan ada kartu ucapan selamat hari raya.

Demikian pembahasan mengenai memahami jenis-jenis dari bundling yang di biasanya dilakukan oleh para pelaku usaha, untuk menerima perhatian dari pelanggan demi mempertinggi penjualan dan memperoleh laba yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *